Teru teru bōzu

Boneka lucu

Teru teru bōzu adalah boneka tradisional Jepang yang terbuat dari kertas atau kain putih yang digantung di tepi jendela dengan menggunakan benang. Dari segi bentuk dan pembuatannya, boneka tersebut mirip dengan boneka hantu seperti yang dibuat pada saat Halloween.Jimat ini diyakini memiliki kekuatan ajaib yang mampu
mendatangkan cuaca cerah dan menghentikan atau mencegah hujan.Dalam bahasa Jepang, teru adalah kata kerja yang berarti "bersinar" atau "cerah", dan bōzu dapat berarti bhiksu, atau dalam bahasa pergaulan masa kini dapat berarti "kepala botak"; kata itu juga merupakan istilah akrab untuk menyebut bocah lelaki

Teru teru bōzu menjadi populer selama zaman Edo di antara masyarakat urban,di mana anak-anak membuatnya untuk memohon cuaca baik sehari sebelumnya dan bernyanyi "pendeta cuaca baik, cerahkan cuaca esok hari.

Secara tradisonal, jika cuaca berubah cerah, mereka akan digambari mata (bandingkan dengan daruma), sesajen berupa sake suci
dituangkan pada mereka, kemudian dihanyutkan di sungai. Di masa kini, anak-anak membuat teru-teru-bōzu
dari kertas tisu atau kapas dan benang lalu menggantungnya di jendela ketika mengharapkan hari yang cerah,
seringkali sebelum hari piknik sekolah. Menggantungnya secara terbalik berarti memohon agar hujan turun.


Selengkapnya : http://id.wikipedia.org/wiki/Teru_teru_b%C5%8Dzu






Judul:Teru teru bozu
Url:http://blog-jasri.blogspot.com/2012/06/teru-teru-bozu.html
Pada:22 Juni 2012
Oleh:Jasriman Sukri
Respond:35
Reaksi: :
  1. Gooool :D

    lanjut gaaanteng

    BalasHapus
  2. Jimat nya unik, dan tidak menakutkan.. hehehehe
    kalo di bandingan sama Indonesia sereman mana Hayoo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jimat jepang imuut" ga serem lucu.. Unik

      Hapus
  3. Wkwkwkwkwkk mirip jelangkung nie, tapi lucu dan imut.....? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane malah gak pernah lihat jelangkung

      Hapus
    2. Heheheheh gitu ya, ini loh mas jelangkung? :D

      [img]http://1.bp.blogspot.com/_DVhAreP4myY/THn0arJgsCI/AAAAAAAAALo/K18Ac5vVMZw/s1600/museum+kesehatan+-+jelangkung.jpg[/img]

      Hapus
    3. lah, serem banget yak

      Hapus
  4. share juga boneka tradisional indonesia

    BalasHapus
  5. ngomong" bahasnya jepan terus :D Indonesia kapan ?

    BalasHapus
  6. Wakoakoakoa.....kyk anak pocong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang pocong bisa beranak?

      Hapus
    2. kalau di kenyataan memang tdk,tapi ini kyk kalau pocong yang di kecilkan !!

      Hapus
  7. ikut mermaikan gan..
    hehehe..

    blogwalking

    BalasHapus
  8. wahhhhhh mantap nih......
    baru tau saya sob....

    BalasHapus
  9. Weeeh... Jimat Boneka yang Unyu-Unyu... Ai Laikit deh!!
    Hweheheee...

    Ada-ada aja kebiasaan Orang Jepang soal Jimat "Pengendali Hujan"..
    Ck... Ck... Ck...

    BalasHapus
  10. Ckckckckck bagus sih tapi serem juga tu kalau malam :D

    BalasHapus
  11. Keren Banget nih Blog gan :)
    Ane Suka ..
    Jangan lupa Follback ya !
    http://mushlihhshare.blogspot.com

    BalasHapus
  12. oh jadi boneka ini namanya teru teru bozu.. baru tau

    BalasHapus
  13. bagus sekali nih artikelnya, comment back ya :D


    #salam blogger dari Yousake NKRI

    BalasHapus
  14. [img]http://1.bp.blogspot.com/-1d43NXtBe5U/UIamJS5MfDI/AAAAAAAAAzA/T9VL_BRS2GI/s1600/_quot_Baifern_quot_Pimchanok_25042011212524.jpg[/img]

    BalasHapus

Gunakan perintah berikut agar komennya jadi menarik

⇨ [img] URL Gambar [/img]
⇨ [youtube] URL YouTube [/youtube]
⇨ [code] Kode Anda [/code]
⇨ [pre] Kode Anda [/pre]
⇨ [blockquote] Kata-kata Anda [/blockquote]
⇨ Buka Emotion

tentang saya

Jasri DM f G t
Seharusnya Bulan ini sebagai acuan saya agar tidak hidup blangsakan di bulan depan, Hanya bertemankan TOP Kopi dan Rokok untuk menulis, Hidup di tanah rantau terasa TERLANTAR :)
Arsip Blog-Jasri
TUTUP