Sumo adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang.
Sumo adalah olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Di beberapa negara tetangga Jepang seperti Mongolia dan Korea juga terdapat olahraga gulat tradisional yang mirip-mirip dengan sumo.
Sumo memiliki berbagai upacara dan tradisi unik seperti menyebarkan garam sepanjang pertandingan untuk mengusir bala.

Sama halnya seperti berbagai jenis olahraga gulat yang ada di seluruh dunia, sumo sudah dikenal di Jepang sejak zaman prasejarah. Pada literatur klasik Jepang abad ke-8 Masehi, bentuk awal sumo dikenal dengan sebutan Sumai. Sumo dalam bentuk yang dikenal sekarang ini mungkin berbeda dengan "sumo" di zaman dulu. Pegulat sering bertarung sampai mati karena jumlah peraturan yang ada masih sedikit.
Penguasa Jepang di abad ke-16 yang bernama Oda Nobunaga sering menyelenggarakan turnamen sumo. Bentuk ring sumo seperti yang dikenal sekarang ini berasal dari zaman Oda Nobunaga. Dibandingkan dengan mawashi pada zaman sekarang yang dibuat dari kain bagus yang kaku, pegulat sumo di masa Oda Nobunaga masih memakai penutup tubuh bagian bawah dari kain kasar yang longgar. Di zaman Edo, pegulat sumo bertanding dengan mengenakan mawashi bermotif indah dan gagah yang disebut kesho mawashi. Di zaman sekarang kesho mawashi hanya dikenakan pegulat sumo pada saat berparade di atas dohyō di awal pembukaan turnamen.
Sumo sering dikaitkan dengan ritual dalam agama Shinto. Sampai sekarang ini, di beberapa kuil Shinto masih diselenggarakan pertarungan antara pegulat sumo dengan Kami.

Selengkapnya : http://id.wikipedia.org/wiki/Sumo

Judul:Sumo
Url:http://blog-jasri.blogspot.com/2012/06/sumo.html
Pada:09 Juni 2012
Oleh:Jasriman Sukri
Respond:15
Reaksi: :
  1. Balasan
    1. [img]http://4.bp.blogspot.com/-CWR54xt_T4A/TlMdh4qHdGI/AAAAAAAAAEU/TL4yuxi1ois/s1600/pertamax1pn6.jpg[/img]

      Hapus
  2. wkowkwok lucu banget gambarnya, tapi ada satu hal yg gua masih pengen tau dari sumo, apa mereka gak takut kena obesitas ya? trus kena jantung wakwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itumah gambar orang ngeden :D pengen be**k

      Hapus
    2. @randy: saya juga gak tau, buahahaha
      @Hanif R: hahaha udah di ujung tu

      Hapus
  3. gede amet gambar orangnye.
    wkwkwk....

    BalasHapus
  4. Wow... SuMo olahraga yang Khas dari Jepang emang sangat dikenal dari PEGULATNYA yang GEMUK DAN GEDE!!

    Ck... Ck... Ck... Ayas gak bisa Ngebayangin kalo ada Pegulat SUMO yang MAKAN di WARTEG gitu... mungkin semua isinya LUDES Kalee yach???
    Hweheheee....


    #Ngaco!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mas ayas jadi penjaga wartegnya enak tu
      jadi tontonan yang menarik banget

      Hapus
  5. wahhhhh sumo.... oke banget nih.....

    BalasHapus
  6. sumo rata rata badan nya besar besar .. coba ada yang kecil ... keren tuh hehehe


    Kunjungan pertama sob :D

    BalasHapus
  7. kenapa ya.. pesumo pakaiannya cuma celana dalem..??

    BalasHapus

Gunakan perintah berikut agar komennya jadi menarik

⇨ [img] URL Gambar [/img]
⇨ [youtube] URL YouTube [/youtube]
⇨ [code] Kode Anda [/code]
⇨ [pre] Kode Anda [/pre]
⇨ [blockquote] Kata-kata Anda [/blockquote]
⇨ Buka Emotion

tentang saya

Jasri DM f G t
Seharusnya Bulan ini sebagai acuan saya agar tidak hidup blangsakan di bulan depan, Hanya bertemankan TOP Kopi dan Rokok untuk menulis, Hidup di tanah rantau terasa TERLANTAR :)
Arsip Blog-Jasri
TUTUP