Jack Sparrow
Jack Sparrow adalah seorang bajak laut fiksi dan tokoh utama dalam film trilogi Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003), Dead Man's Chest (2006), dan film ketiga yang belum dirilis At World's End (2007). [1]
Tokoh yang pertama kali muncul dalam film The Curse of the Black Pearl berhasil meraih popularitas berkat penampilan bagus Johnny Depp. Mengikuti keberhasilan di film pertama, Jack Sparrow kembali muncul dalam dua film sequelnya yang diproduksi secara berkesinambungan (back-to-back). Selain itu, tokoh ini juga muncul dalam dua buku prequel, game video, bahkan wahana Pirates of the Caribbean di Disney, wahana yang menginspirasi film ini, juga menambahkan Jack Sparrow dalam permainannya
Depp mengatakan bahwa gitaris Rolling Stones Keith Richards, yang juga menjadi cameo pada seri At World's End, dan Pepé Le Pew (dari serial animasi Looney Tunes) memberinya inspirasi saat bermain sebagai Jack Sparrow. Depp juga mengatakan bahwa ia membayangkan seorang bajak laut adalah "seperti rock star di zaman mereka"[2] dan dia lebih senang memainkan Sparrow dengan "sexually ambiguous" (laki-laki bersifat seperti wanita).[3]
Peran Depp sebagai Jack di bagian pertama film Pirates of the Caribbean membuatnya dinominasikan dalam Academy Award untuk Aktor Terbaik. Penulis cerita Pirates of the Caribbean Ted Elliott dan Terry Rossio membandingkan karakter Jack dengan Bugs Bunny dan Groucho Marx dalam komentar DVD (DVD commentary) dalam film pertamanya.

Depp mengatakan bahwa selama script film tersebut bagus, ia akan terus bermain sebagai Sparrow bahkan sampai, jika ada, Pirates of the Carribean 7, karena ia sangat mencintai peran yang dimainkannya.Merujuk pada situs offisial Disney dan gamenya, Jack Sparrow, anak dari Kapten Teague Sparrow lahir di India dan pernah bekerja di East India Trading Company. Jack kemudian diberi tanggung jawab memimpin kapal Wicked Wench, sebuah kapal dagang milik EITC, dan bekerja untuk Cutler Beckett. Suatu ketika, Jack melakukan "penghianatan" kepada Becket, alih-alih bertugas mengantarkan budak, ia malah membebaskan mereka di Afrika, Beckett kemudian menghukumnya dengan membakar (dan menenggelamkan) Wicked Wench, dan kemudian mencap Jack Sparrow sebagai bajak laut. Jack kemudian menjalani hidup sebagai seseorang yang cacat hukum; seorang bajak laut. Jack juga bersumpah tidak akan sudi menjadi bawahan orang lain. Kemudian, Jack meminta bantuan Davy Jones untuk mengangkat kapalnya (Wicked Wench) dari dasar laut dan mengganti namanya menjadi Black Pearl.
Pers Disney juga menulis sebuah buku untuk anak-anak pada bulan Juni 2006 yang menceritakan petualangan Sparrow saat masih remaja. Buku ini ditulis oleh Rob Kidd, buku pertama menceritakan petualangan Jack Sparrow dan seorang temannya untuk mencari pedang legenda, pedang Cortés (the legendary Sword of Cortés). Dalam perjalannya, mereka menghadapi bajak laut, monster-monster terkutuk, siren, dan keganasan laut
Sparrow memiliki mata berwarna coklat gelap dan rambut yang panjang berkepang berwarna kecoklat-coklatan. Dia memakai berbagai macam ikat rambut, sebuah koin yang menghias bandananya, dan sepasang anting perak. Jack memiliki bandana berwarna merah di kedua film pertamanya, di film ketiga, ia mengganti bandanya dengan bandana berwarna merah dengan motif ungu.
Topi segitiga Jack berwarna coklat dengan bagian belakang yang tergulung rapi. Jack juga memiliki mantel berwarna biru.
empat buah cincin menghias tangan Jack. Pertama adalah sebuah cincin tengkorak dengan emerald hijau di telunjuk kanannya. Kedua adalah cincin onyx hitam bermotif bunga di jari manis kirinya. Dalam Dead Man's Chest, dia mencuri sebuah cincin amethyst oval dari lemari Tia Dalma dan menggunakannya di telunjuk kiri, menggantikan sebuah cincin naga perak yang kemudian ia pindahkan ke jempol kirinya. Cincin ini identik dengan cincin yang digunakan kapten Barbossa di PoTC 1.
Dia juga menggunakan sepasang sarung tangan kulit.
Jack juga memiliki pita strip-merah dah sebuah sabuk yang mengikat pinggangnya. Di film pertamanya, sabuk tersebut hanya digunakan untuk menaruh kompas. Di film keduanya, ia menambahkan sebuah sabuk dan beberapa perhiasan kecil seperti kulit binatang, kaki ayam, dan sebuah pahatan bergambar putri duyung. Sementara di film ketiga, ia menambahkan seberkas rambut berwarna abu-abu (belum diketahui rambut milik siapa).

Jack memiliki tubuh dengan tinggi dan berat yang proporsional, Jack lebih mengandalkan kepandaian, kecepatan, dan kecerdikan daripada kekuatan ketika ia bertempur. Ia cakap menggunakan pedang dan mampu melawan ahli pedang lain seperti Barbossa, Will, dan Norrington, meskipun kadang-kadang ia berbuat licik untuk menang. Meskipun begitu, Jack lebih memilih untuk menghindari pertempuran. Di film, Jack merupakan satu-satunya karakter yang digambarkan cakap menggunakan senjata api.

Sparrow digambarkan sangat mencintai Rum. Saat Barbossa membuang Jack dan Elizabeth di pulau kecil, Elizabeth membakar semua rum selundupan yang ia temukan di pulau itu untuk membuat sinyal asap. Jack sangat marah sampai-sampai ia mencabut pistolnya untuk menembak Elizabeth. Tapi ketika Komodor Norrington melihat sinyal dan datang menyelamatkan mereka, Jack menggerutu, "Aku tak akan pernah mau hidup bersama dia lagi." Ketika Elizabeth menaiki Black Pearl dalam Dead Man's Chest, Sparrow membisiki Gibbs, "Sembunyikan rum-nya!" mungkin ia takut jika Elizabeth akan membakar semua rum untuk kedua kalinya. Digambarkan juga ketika Jack menemukan bahwa rum dalam botol ditangannya sudah habis, Jack menggerutu, "Kenapa botol rum selalu habis?" Berdiri, kemudian berjalan dengan sempoyongan dan memberengut (mutters), "Oh, that's why."
Ketika Jack dikunjungi oleh "Bootstrap Bill" Turner, ia menganggap itu adalah sebuah mimpi, tapi Bootstrap mengatakan bahwa itu bukan mimpi. Jack kemudian membalas, "Ini pasti mimpi. Kalau bukan, pasti aku akan menemukan Rum," Bootstrap kemudian memberikan sebotol rum.
Jack selalu membawa beberapa benda kesayangan dalam setiap petualangannya, termasuk pistol, pedang, jubah dan topi segitiganya. Ia juga memiliki sebuah kompas ajaib yang didapatkannya dari Tia Dalma (sebagaimana yang diceritakan pada di Dead Man's Chest). Kompas ini tidak menunjuk ke arah utara, tetapi ke suatu benda atau tempat yang paling diinginkan oleh orang yang memegangnya. Kompas ini hanya dapat bekerja bila orang tersebut tau apa yang mereka inginkan.
Untuk pedangnya, Jack lebih memilih menggunakan sabre daripada cutlass, pedang yang banyak digunakan oleh bajak laut. Sabre lebih panjang dari cutlass, sehingga Jack dapat menyerang beberapa inchi lebih jauh dari mereka yang menggunakan cutlass.
Setelah pistolnya, benda yang paling disayangi oleh Jack adalah topinya. Jarang sekali ia terlihat tanpa menggunakan topi, dan ia sering menyebutkan topi ketika ia berbicara tentang peralatannya. Dalam suatu adegan ketika Jack mengetahui bahwa dirinya diburu Kraken, Jack memerintahkan agar kapal diarahkan ke daratan, namun sayang topinya jatuh ke laut akibat ulah Jack si Monyet (monyet milik Barbossa). Ketika krunya bersiap untuk mengambil topi itu, Jack yang panik segera melarang mereka "tinggalkan topi itu!" kata Jack. Para kru terkejut karena biasanya Jack sangat menyayangi topinya dan rela melakukan apa saja demi topi itu. Sepanjang film, Jack terus menerus mencari pengganti topinya tersebut, misalnya ketika ia mencuri topi milik para pemabuk di pub Tortuga. Namun akhirnya, Jack berhasil menemukan topinya keluar dari mulut Kraken beberapa saat sebelum ia dan kapalnya diseret ke dasar laut oleh monster tersebut.
Tidak seperti kebanyakan bajak laut lainnya, Jack rela mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan orang lain, terutama Will dan Elizabeth. Di film pertamanya, diceritakan bahwa sikap Jack yang terlalu baik lah yang membuat krunya memberontak. Jack adalah orang terhormat dan selalu mematuhi hukum bajak laut (Pirate's Code). Dia percaya bahwa bajak laut pun bisa berbuat baik.

Jack flees the Kraken whilst the Black Pearl crew battles on (moments later, he would return to help his crewmates escape)
Meskipun ia sering menyelamatkan Elizabeth dan Will, ia juga sering menipu mereka demi tujuannya sendiri dan bahkan rela menumbalkan Will ke Davy Jones sebagai ganti nyawanya. Pernah juga suatu kali ia meninggalkan kapalnya ketika kru yang lain sedang berjuang melarikan diri dari Kraken. Bagaimanapun, setelah melihat kompasnya kembali, ia kembali untuk menyelamatkan teman-temannya. Apa yang dilihat Jack dalam kompasnya sampai sekarang belum diketahui.

Jack mengatakan bahwa dirinya adalah seorang lelaki feminim (a ladies' man), yang berarti ia menganggap bahwa dirinya "sangat mengerti wanita." Bagaimanapun, ia terlihat kurang serius dalam menjalani hubungan dengan wanita.

Sparrow sering kali menggunakan kata-kata dan frasa tertentu secara berulang-ulang, seperti misalnya "savvy?" ("mengerti?"), dan "bugger" ketika terjadi sesuatu yang di luar rencana. Dia juga sering menggunakan kata "leverage" yang merujuk kepada sesuatu atau seseorang yang telah memberinya petunjuk atau pengaruh, menunggu untuk "the oppurtune moment" (saat yang tepat), dan mengingatkan seseorang bahwa ia adalah seorang Kapten.
Kalimat penutup favorit Sparrow adalah "This is the day you will always remember as the day you almost caught Captain Jack Sparrow." (ini adalah hari yang akan selalu kamu ingat, hari ketika kamu hampir menangkap Kapten Jack Sparrow).

Judul:Jack Sparrow
Url:http://blog-jasri.blogspot.com/2012/05/jack-sparrow.html
Pada:23 Mei 2012
Oleh:Unknown
Respond:13
:
  1. ehh.. biasanyaa... klo orng posting dengan banyak tulisann... pengunjung ntuh malas baca [begitulah kebiasaan para visitor] wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, mau panjang atau pendek
      palinggan baca awalnya aja

      Hapus
    2. nah ituuu... haha
      iya yahh.. cuman baca awalnya aja

      Hapus
    3. tu adalah salah satu kesalahannya

      Hapus
  2. Keren xD
    Fans Jhonny depp nih, jadi di baca sampe selesai hahah

    BalasHapus
  3. Ini salah satu favorite saya tq,jasri.

    BalasHapus
  4. akuu pengen punya cowok kayak jack sparrow :Ozz

    BalasHapus

Gunakan perintah berikut agar komennya jadi menarik

⇨ [img] URL Gambar [/img]
⇨ [youtube] URL YouTube [/youtube]
⇨ [code] Kode Anda [/code]
⇨ [pre] Kode Anda [/pre]
⇨ [blockquote] Kata-kata Anda [/blockquote]
⇨ Buka Emotion

tentang saya

Jasri DM f G t
Seharusnya Bulan ini sebagai acuan saya agar tidak hidup blangsakan di bulan depan, Hanya bertemankan TOP Kopi dan Rokok untuk menulis, Hidup di tanah rantau terasa TERLANTAR :)
Arsip Blog-Jasri
TUTUP