Zapin

Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.
Musik pengiringnya terdiri dari dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas. Sebelum tahun 1960, zapin hanya ditarikan oleh penari laki-laki namun kini sudah biasa ditarikan oleh penari perempuan bahkan penari campuran laki-laki dengan perempuan.

Tari Zapin sangat banyak ragam gerak tarinya, walaupun pada dasarnya gerak dasar zapin-nya sama, ditarikan oleh rakyat di pesisir timur dan barat Sumatera, Semenanjung Malaysia, Sarawak, Kepulauan Riau, pesisir Kalimantan dan Brunei Darussalam.

Tarian Zapin Di Brunei

Di Brunei Darusalam, tarian Zapin cukup banyak macamnya seperti rentaknya dan geraknya dan mengikut dari segi sebutannya yaitu dialek orang Brunei zapin lebih dikenali dengan sebutan '"Jipin"'. Berikut ini adalah tarian Zapin di Brunei:
  • Zapin Laila Sembah (Jipin Laila Sembah)
  • Zapin Tar (Jipin Tar)
Asal-usul tarian zapin di Brunei dipercayai besar pengaruhnya dari kedatangan Pedagang Arab ke kepulauan Brunei. Tidak ada bukti yang akurat tentang hal ini, namun kedatangan pedagang Arab mampu mengubah seni budaya dari segi tarian. Bukti yang dapat dipegang yaitu banyak orang brunei keturunan Arab seperti Sultan Sharif Ali sultan Brunei ketiga. Beriku ini adalah alat musik yang digunakan dalam tarian Zapin :
Gambus,Rebana,Gendang Tabur danTar.

Judul:Zapin
Url:http://blog-jasri.blogspot.com/2012/04/zapin.html
Pada:13 April 2012
Oleh:Unknown
Respond:5
:
  1. mantap banget kak..!!
    mau tanya soal blogazine..
    caranya buat menu dibawah yang deket sama breadcrumb itu gimana caranya...??
    please kapan" tolong dibahas yaa kak!!
    pengend banget tau..!!
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal di kasi class kanan

      Hapus
    2. class kanan..??
      kodenya kayak gimana masteng?? :D

      Hapus
    3. .breadcrumbs span.kanan{float:right}

      Hapus
  2. wah masih dak tau...
    hla terus ngasih menunya gimana..
    seperti daftar isi,kontak, rss, dan sebagainya itu gimana ya??
    mohon pencerahannya..
    makasih

    BalasHapus

Gunakan perintah berikut agar komennya jadi menarik

⇨ [img] URL Gambar [/img]
⇨ [youtube] URL YouTube [/youtube]
⇨ [code] Kode Anda [/code]
⇨ [pre] Kode Anda [/pre]
⇨ [blockquote] Kata-kata Anda [/blockquote]
⇨ Buka Emotion

tentang saya

Jasri DM f G t
Seharusnya Bulan ini sebagai acuan saya agar tidak hidup blangsakan di bulan depan, Hanya bertemankan TOP Kopi dan Rokok untuk menulis, Hidup di tanah rantau terasa TERLANTAR :)
Arsip Blog-Jasri
TUTUP